Apakah Itu Kegelapan?

March 26, 2011 by: dipankara

Sebuah dialog antara seorang biksu dari kuil kuno buddhis dengan seorang atheis.

Biksu: Sahabat, apakah hal di dunia ini yang paling tidak Anda percayai?
Atheis: Saya percaya bahwa melihat adalah mempercayai, tidak melihat adalah tidak mempercayai.
Biksu: Oh, sahabat, anda sungguh jujur. Tetapi dapatkah kamu lihat di sebelah sana, terdapat sebuah istana besar yang terlihat berwarna hijau dan emas; bergemerlapan dan berdiri megah 100 meter dari hadapanmu. Ketika malam tiba dan kegelapan menyelimuti matamu, apakah anda mengatakan bahwa istana itu tidak ada?
Atheis: Tentu saja istana itu ada, istana itu hanya diselimuti kegelapan saja.
Biksu: Lantas apakah kegelapan itu?
Atheis: ………
Biksu: Saat malam anda mempercayai dalam kegelapan? Saat siang anda mempercayai dalam cahaya?
Atheis: ………
Biksu: Sahabat, pada kenyataannya anda hanya dapat melihat hal-hal yang tidak dapat anda lihat, istana besar itu tetap berada disana dan tidak pernah beranjak, hanya psikologi dan intelijensimu yang tertutup oleh kegelapan sehingga istana besar itu lenyap dari dalam hatimu.
Atheis: (sambil merangkapkan kedua telapak tangannya di depan dada sebagai tanda penghormatan), tolong jelaskan hal ini kepada saya, yang mulia.
Biksu: Segala sesuatu yang membingungkan hatimu adalah seperti kegelapan malam yang tidak berakhir dan tidak berujung ini, hanya gayanya saja yang berbeda. Sepuluh ribu penciptaan di dunia ini hanyalah sebanyak pasir di sungai Gangga. Entah kamu melihatnya atau tidak, merasakannya atau tidak, mereka tetap disana. Jika kamu duduk di atas sumur memandang langit malam, sangatlah sulit memahami alam semesta yang tiada tara ini. Dengan kata lain, mempercayai tidak dapat disimpulkan hanya dengan melihat atau tidak melihat.

Alasan Bhikkhu Uttamo Memilih Agama Buddha, Bagian 2, BALA VAGGA – Orang Bodoh, Kisah Nanda, Seorang Penggembala, Kisah Nigamavasitissa, Kisah Perayaan Balanakkhatta,

PERHATIAN, DEMI KEBERLANGSUNGAN BLOG INI, HARAP ANDA MENGKLIK SALAH SATU IKLAN DIBAWAH INI, DENGAN BEGITU ANDA TELAH IKUT MEMBANTU BLOG INI, Anda tidak akan kehilangan halaman ini, karena iklan akan terbuka di TAB baru, Terima Kasih..

Leave a Reply

*